Rabu, 26 Januari 2011 di 22.56 Diposting oleh Unknown 0 Comments


GPRS
 
GPRS (singkatan bahasa Inggris: General Packet Radio Service, GPRS) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).

Sekilas

GPRS merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip 'tunnelling'. Ia menawarkan laju data yang lebih tinggi. Laju datanya secara kasar sampai 160 kbps dibandingkan dengan 9,6 kbps yang dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM. Kanal-kanal radio ganda dapat dialokasikan bagi seorang pengguna dan kanal yang sama dapat pula digunakan dengan berbagi antar pengguna sehingga menjadi sangat efisien. Dari segi biaya, harga mengacu pada volume penggunaan. Penggunanya ditarik biaya dalam kaitannya dengan banyaknya byte yang dikirim atau diterima, tanpa memperdulikan panggilan, dengan demikian dimungkinkan GPRS akan menjadi lebih cenderung dipilih oleh pelanggan untuk mengaksesnya daripada layanan-layanan IP.
GPRS merupakan teknologi baru yang memungkinkan para operator jaringan komunikasi bergerak menawarkan layanan data dengan laju bit yang lebih tinggi dengan tarif rendah ,sehingga membuat layanan data menjadi menarik bagi pasar massal. Para operator jaringan komunikasi bergerak di luar negeri kini melihat GPRS sebagai kunci untuk mengembangkan pasar komunikasi bergerak menjadi pesaing baru di lahan yang pernah menjadi milik jaringan kabel, yakni layanan internet. Kondisi ini dimungkinkan karena ledakan penggunaan internet melalui jaringan kabel (telepon) dapat pula dilakukan melalui jaringan bergerak. Layanan bergerak yang kini sukses di pasar adalah, laporan cuaca, pemesanan makanan, berita olah raga sampai ke berita-berita penting harian. Dari perkembangan tersebut, dapat dirasakan dampaknya pada kemunculan berbeagai provider HP yang bersaing menawarkan tarif GPRS yang semakin terjangkau.
Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, [[notebook]] dan [[handheld computer]]. Namun, dalam implementasinya, hal tersebut sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut:
  • Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS
  • Software yang dipergunakan
  • Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan
Ini menjelaskan mengapa pada saat-saat tertentu dan di lokasi tertentu akses GPRS terasa lambat, bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9,6 kbps.

Perbedaan GPRS dan WAP

WAP merupakan kependekan dari Wireless Application Protocol adalah teknologi seperti WWW dan merupakan protokol untuk mengakses internet melalui HP, sedangkan GPRS (General Packet Radio Service). adalah teknologi koneksi yang digunakan oleh HP tersebut menuju jalur internet. Misalnya, kita menggunakan broadband pada PC yang terkoneksi ke Speedy.

Komponen Utama

Komponen-komponen utama jaringan GPRS adalah:
  • GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data Network), information routing, network screening, user screening, address mapping.
  • SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru.
  • PCU : komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS

Cara Kerja

SGSN bertugas: 1. Mengirim paket ke Mobile Station (MS) dalam satu area 2. Mengirim sejumlah pertanyaan ke HLR untuk memperoleh profile data pelanggan GPRS (management mobility) 3. Mendeteksi MS-GPRS yang baru dalam suatu area servis yang menjadi tanggung jawabnya (location management) 4. SGSN dihubungkan ke BSS pada GSM dengan koneksi frame relay melalui PCU (Packet Control Unit) di dalam BSC.
GGSN bertugas: 1. Sebagai interface ke jaringan IP external seperti : public internet atau mobile service provider 2. Memutakhirkan informasi routing dari PDU ( Protokol Data Units ) ke SGSN.
GPRS menggunakan sistem komunikasi packet switch sebagai cara untuk mentransmisikan datanya. Packet switch adalah sebuah sistem di mana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket) lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula. Sistem ini dapat mentransmisikan ribuan bahkan jutaan paket per detik. Transmisi dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP seperti 08063464xxx. Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya akses GPRS, secara teori, lebih murah daripada biaya akses CSD. GPRS didesain untuk menyediakan layanan transfer packet data pada jaringan GSM dengan kecepatan yang lebih baik dari GSM. Kecepatan yang lebih baik ini didapat dengan menggunakan coding scheme (CS) yang berbeda dari GSM.

Kestabilan koneksi akses internet melalui GPRS sangat dipengaruhi oleh tingkat aktivitas pemakaian handphone untuk komunikasi suara di sekitar BTS. Hal ini disebabkan karena kanal data yang dipergunakan untuk akses internet pada jaringan GPRS dipakai secara tumpang tindih dengan kanal untuk pemakaian komunikasi suara.
Prioritas pemakaian kanal untuk komunikasi suara lebih tinggi dari pada pemakaian kanal untuk akses internet. Jadi apabila jumlah pemakai BTS untuk komunikasi suara sudah mendekati kapasitas maksimum BTS, maka akses internet yang yang sedang berlangsung akan diputus atau tidak mendapat pasokan data ( 0 Kbps ) sampai jumlah sambungan komunikasi suara turun lagi

Cara Pemasangan

Untuk dapat menggunakan GPRS (khususnya pada handphone yang mendukung) diperlukan setting terlebih dahulu. Cara setting GPRS terdapat di masing-masing operator. Setting GPRS di HP dapat dilakukan dengan otomatis dan manual. Setting GPRS secara otomatis dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS ke provider yang anda miliki, tarifnya bervariasi antar provider, dan format pesan yang dikirimkan juga berbeda-beda tergantung dari setiap provider. Sementara, untuk setting GPRS secara manual HP cukup mengikuti petunjuk setting default yang terdapat di HP, tanpa perlu mengubah-ubahnya lagi. Jika ingin memakai HP untuk koneksi Internet dari PC, anda hanya perlu untuk mengeset GPRS saja, tanpa perlu mengeset WAP ataupun MMS. Tiga hal yang harus diketahui adalah access point name, username, dan password. Selanjutnya, untuk menggunakan GPRS di komputer, dapat menyambungkan handphone yang telah tersetting GPRS itu dengan komputer yang telah tersetting. Cukup memasukkan angka dialling misalnya 08096470 dan klik tombol dial, maka permintaan kita akan segara disambungkan. Saat ini, GPRS di Indonesia kalah bersaing dengan teknologi 2,75G, 3G, 3,5G, dan 4G yang memang pengembangan lebih lanjut dari GPRS.
Melalui Jaringan GPRS
GPRS singkatan dari General Packet Radio Service, yaitu teknologi yang mampu mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi sedang bergerak/ berpindah tempat. Komunikasi data dan suara dilakukan dengan menggunakan gelombang radio (tanpa kabel) dengan sistem packet.
Teknologi GPRS memberi keuntungan, yaitu memungkinkan kita bisa mengakses internet di mana saja, yang penting ada komputer, handphone dengan fasilitas GPRS dan SIM card yang menyediakan layanan GPRS. Kelemahannya adalah setting yang berbeda-beda tiap merk handphone untuk koneksi internet lewat GPRS dan setting yang berbeda pula pada setiap operator jaringan selular untuk koneksi internet lewat GPRS.
Kecepatan akses internet melalui GPRS bisa mencapai 115 kbps

MENGATUR KONEKSI GPRS/3G DI PC

Software Khusus yang memudahkan anda untuk mensetting koneksi GPRS/ 3G di
Pc baik menggunakan kabel data ataupun Bluetoth adalah BVRP (WWW.BVRP.COM).
Setting Koneksi dengan BVRP
Sebelum melalkukan setting Anda perlu menyiapkan :
- Kabel data, bluetoth atau Infra red
- Ponsel ber GPRS atau 3G yang mendukung modem
- Menggunakan operator layanan GPRS atau 3G
- PC/ Laptot OS Windows XP

Step by Step :
Langkah 1:
Hubungkan ponsel dengan perangkat koneksi yang sesuai dengan dukungan ponsel.
Pastikan drivernya sudah terisntal atau tersedia di PC.
Langkah 2 :
Install dan aktifkan BVRP. Software ini memiliki 2 versi Lite dan Pro. Versi Lite
disediakn secara gratis namun beberapa viturnya dibatasi.
Langkah ke 3 :
Klik atau aktifkan menu ‘ Manage Your Profile’. Pilih ‘New Profile’ dan ikuti langkah
selanjutnya. Pada bagian ‘Profile Wizard’ isi ‘Profile Name’ mislanya GPRS dan pilih ‘
Change Icom’ jika anda menginginkanya.
Langkah ke 4 :
Ketika Sampai di Bagian ‘Profile Configuration’ akan terlihat profil koneksi yang ada di
Pc. Contoh ‘Local Area Connection/ LAN’
Untuk memasukkan koneksi baru klik’Add’ dan Pilih jenis koneksi PC ke Ponsel
misalnya ‘Connect With Mobile Phone Via Cable Or Infra Red’.
Lankah 5 :
Sekarang sudah masuk ke bagian ‘Internet Conection Wizard’ Klik next.
Langkah 6:
Selanjutnya Modem Ponsel akan terdeteksi. Pilih Modem tersebut dan Klik Next.
Langkah 7 :
Isi ‘Connection Name’ misalnya dengan ‘GPRS’ Country or Region pilih Indonesia dan
‘Service Provider’ dengan operator ynag anda gunakan.
For Evaluation Only.
Copyright (c) by Foxit Software Company, 2004
Edited by Foxit PDF Editor
Langkah 8
Berikutnya, koneksi akan terseting sesuia dengan parameter operator yang anda pilih.
Klik ‘Next’ dan ikuti langkah selanjutnya hinggga selesai.
Klik ‘Next’ dan ikuti langkah selanjutnya Hingga selesai Koneksi siap digunakan.
BVRP Conection Manager Pro tidak hanya digunakan untuk menyeting koneksi GPRS/
3G, tetepai semua Jenis koneksi termasuk Wi-Fi. Fiotur lain Seperti Internet Explorer dan
Emailpun Bisa diintegrasikan Lewat Software Ini.


Setting GPRS IM3

Connection Name : M3-gprs
Data Bearer : GPRS
Profile Name : gprs
Access Point Name (APN) : http://www.indosat-m3.net
Username : gprs
Prompt Password : No
Password : im3
Authentication : Normal
Gateway/Proxy IP Address : 10.19.19.19
Gateway/Proxy Port : 8081
Homepage / MMS Server : http://wap.m3-access.com
Connection Security : Off
Session Mode : Permanent


Setting GPRS Mentari

Connection Name : INDOSATGPRS
Data Bearer : GPRS
Access Point Name (APN) : indosatgprs
Username : indosat
Prompt Password : No
Password : indosat
Authentication : Normal
Gateway/Proxy IP Address : 10.19.19.19
Gateway/Proxy Port : 8080
Homepage / MMS Server : http://wap.klub-mentari.com
Connection Security : Off
Session Mode : Permanent


Setting GPRS IM2

Connection Name : indosatm2
Data Bearer : GPRS
Profile Name : gprs
Access Point Name (APN) : indosatm2
Username : (sesuai saat mendaftar)
Password : (sesuai saat mendaftar)
Prompt Password : No
Authentication : Normal
Gateway/Proxy IP Address : 10.19.19.19
Gateway/Proxy Port : 8081
Homepage / MMS Server : http://wap.indosat.com
Connection Security : Off
Session Mode : Permanent


Setting GPRS Telkomsel (As , Simpati)

Connection Name : Telkomsel
Data Bearer : GPRS Profile Name : TSEL GPRS
Access Point Name (APN) : telkomsel
Username : wap
Prompt Password : No
Password : wap123
Authentication : Normal
Gateway/Proxy IP Address : 10.1.89.130
Gateway/Proxy Port : 8000
Homepage / MMS Server : http://wap.telkomsel.com
Connection Security : Off
Session Mode : Permanent


Setting GPRS AXIS

Connection Name : AXIS
Data Bearer : GPRS
Access Point Name (APN) : AXIS
Username : AXIS
Prompt Password : No
Password : 123456
Authentication : Normal
Gateway/Proxy IP Address : 10.8.3.8
Gateway/Proxy Port : 9201 atau 8080
Homepage / MMS Server : Connection
Security : Off
Session Mode : Permanent


skema backbone GPRS










skema GPRS



0 Responses so far.

Posting Komentar